RPP Agama

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    : 1

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

 

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

KOMPETENSI DASAR

Membaca QS. Al-Baqarah ayat  148 dan  QS. Al-Fatir ayat 32

INDIKATOR

         Mampu membaca Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

         Mampu mengidentifikasikan tajwid Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

         Mampu membuat contoh kata sesuai  hukum tajwid

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Siswa dapat :

– Membaca Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32.

– Mengidentifikasikan tajwid Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

– Membuat contoh kata sesuai  hukum tajwid

II. MATERI AJAR

– Q.S. Al-Baqarah : 148

– QS. Al-Fatir : 32.

 

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

         Apresiasi : membaca QS. Al-Baqarah : 148

 

         Mendemonstrasikan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32.

         mendiskusiah hukum bacaan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

 

         Siswa bisa membaca dan mengetahui hukum bacaan  Q.S. Al- Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

          Diberi tugas menghafal Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32.

 

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

…………………………………..

                   NIP. …………………………..

 

Guru Mata Pelajaran

 

………………………..

NIP. ………………………………

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    : 2

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

 

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

 

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan arti  QS. Al-Baqarah ayat  148 dan  QS. Al-Fatir ayat 32

INDIKATOR

         Mampu mengartikan setiap kata  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

         Mampu mengartikan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

         Mampu menterjemahkan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 .

         Mampu menyimpulkan intisari  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 .

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

– Mengartikan setiap kata  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

   – Mengartikan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dengan baik dan benar.

– Menterjemahkan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

– Menyimpulkan intisari  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 .

II. MATERI AJAR

– Q.S. Al-Baqarah : 148

– QS. Al-Fatir : 32.

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

 

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

         Apresiasi : Membacakan arti kata QS. Al-Baqarah : 148

 

         Mendemonstrasikan arti setiap kata Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32.

         Mendiskusikan intisari  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

         Menyimpulkan intisari Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

 

         Siswa dapat  mengetahui arti kata  Q.S. Al- Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

         Siswa dapat menyimpulkan intisari Q.S. Al- Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

 

 

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

………………………………………..

                   NIP. ……………………………

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

………………………………….

NIP. ……………………………………

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

KOMPETENSI DASAR

Menampilkan prilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. Al-Baqarah : 148 dan Al-Fatir 32

INDIKATOR

Menjelaskan pentingnya prilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS. Al-Baqarah : 148 dan Al-Fatir 32

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

-Mendiskusikan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam  QS. Al- Baqarah : 148 dan Al-Fatir 32

 

II. MATERI AJAR

– Q.S. Al-Baqarah : 148

– QS. Al-Fatir : 32.

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

         Apresiasi : Membacakan  QS. Al-Baqarah : 148

 

         Mendemonstrasikan contoh kompetisi dalam kebaikan sesuai  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32.

         Mendiskusikan contoh-contoh kompetisi dalam kebaikan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

         Menyimpulkan kompetisi dalam kebaikan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

 

         Siswa dapat  mengaplikasikan kompetisi dalam kebaikan   Q.S. Al- Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32 dalam kehiduppan sehari-hari

         Siswa dapat memahami kompetisi dalam kebaikan sesuai  Q.S. Al- Baqarah : 148 dan QS. Al-Fatir : 32

 

 

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

 

 

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

………………………………………

                   NIP. ……………………………….

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………………………

NIP. ……………………………………….

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an tentang menyantuni kaum Dhuafa

 

KOMPETENSI DASAR

Membaca dan menjelaskan QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

INDIKATOR

– Membaca  QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Mengidentifikasikan tajwid QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Membuat contoh kalimat sesuai dengan hukum tajwid

– Mengartikan perkata QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Menjelaskan kandungan isi QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Siswa dapat :

– Membaca  QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Mengidentifikasikan tajwid QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Membuat contoh kalimat sesuai dengan hukum tajwid

– Mengartikan perkata QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177

– Menjelaskan kandungan isi QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan Al-Baqarah : 177

II. MATERI AJAR

– QS. Al-Isra : ayat 26-27 

– QS. Al-Baqarah : 177

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

         Apresiasi : membaca Al-Isra : ayat 26-27 

 

         Mendemonstrasikan   QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177.

         Mendiskusiah hukum bacaan  Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-        

         Al-Baqarah : 177

         Mendiskusikan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah : 148 dan QS. Al-        

         Al-Baqarah : 177

 

         Siswa bisa membaca dan mengetahui hukum bacaan  QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177.

         Siswa  mengetahui hukum bacaan  QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177.

         Siswa dapat menghapal QS. Al-Isra : ayat 26-27  dan QS. Al-Baqarah : 177.

 

 

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

 

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

………………………………………..

                   NIP. ……………………………….

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

………………………………….

NIP. …………………………………..

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

 

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami  ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

 

KOMPETENSI DASAR

Menampilkan prilaku menyantuni kaum dhuafa seperti terkandung dalam QS.  Al-Isra : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

INDIKATOR

Menjelaskan  prilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS. Al-Baqarah : 148 dan Al-Fatir 32

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

-Mendiskusikan perilaku menyantuni kaum dhuafa seperti terkandung dalam QS.  Al-Isra : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

II. MATERI AJAR

– QS. Al-Isra : ayat 26-27 

– QS. Al-Baqarah : 177

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

   Apresiasi : Membacakan  QS. Al-Baqarah : 177

 

         Memberikan contoh prilaku menyantuni kaum dhuafa sesuai

       QS.  Al-Isra : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

Mendiskusikan contoh-contoh menyantuni kaum dhuafa QS.  Al-Isra                 : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

         Menyimpulkan prilaku menyatuni kaum dhuafa

      QS.  Al-Isra : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

 

         Siswa dapat  mengamalkan  prilaku menyatuni kaum dhuafa   

       Q.S. Al- Isra : 26-27 dan al-baqarah ; 177

         Siswa dapat menghapal QS.  Al-Isra : 26-27 dan QS Al-Baqarah : 177

 

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

…………………………………….

                   NIP. …………………………….

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………………………

NIP. ………………………………………..

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allahdan menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah

INDIKATOR

– Mengidentifikasikan tanda-tanda beriman kepada Rasul-Rasul Allah

– Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul allah

– Menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul allah

– Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah

– Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul allah

– mengidentifikasi sifat-sifat mulia para rasul

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

– Mengidentifikasikan tanda-tanda beriman kepada Rasul-Rasul Allah

– Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul allah

– Menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul allah

– Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah

– Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul allah

– mengidentifikasi sifat-sifat mulia para rasul

II. MATERI AJAR

         Beriman kepada Rasul-rasul Allah ;

a. Tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah

      b. Contoh-contoh prilaku beriman  kepada rasul-Rasul allah 

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : menyebutkan Nabi/rasul adalah manusia sebagai utusan  Allah

 

         Memberikan contoh tanda tanda beriman kepada rasul-rasul allah

         Menunjukkan sikap beriman kepada rasul-Rasul Allah

     Mendiskusikan contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah

     Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul                   

      Allah

     Mendemonstrasikan sifat-sifat mulia para Rasul

 

         Menanyakan  contoh beriman dan sifat-sifat mulai para rasul-rasul 

      Allah

         Menyimpulkan prsikap beriman dan sifat mulia para Rasul-rasul

      Allah

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

………………………………………..

                   NIP. …………………………………

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………………………

NIP. …………………………………..

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

KOMPETENSI DASAR

Menampilkan prilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah  dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR

– Menunjukkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah

– Mengaplikasikan sifat-sifat para rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

         mengidentifikasi prilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-Rasul Allah

         Mempraktekkan prilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

         Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah

II. MATERI AJAR

         Beriman kepada Rasul-rasul Allah ;

      a. Prilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah dalam kehidupan 

          sehari-hari

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Sidik merupakan salah satu sifat Rasul allah

 

         Menunjukkan sikap beriman kepada rasul-Rasul Allah

     Mendiskusikan contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah

     Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul                   

      Allah

     Mendemonstrasikan sifat-sifat yang dimiliki rasul- rasul Allah

 

         Menanyakan  contoh beriman dan sifat-sifat mulai para rasul-rasul 

      Allah

         Menyimpulkan prilaku sikap beriman dan sifat mulia para Rasul-rasul

      Allah

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

…………………………………..

                   NIP. ……………………………

 

Guru Mata Pelajaran

 

………………………………

 NIP. …………………………………

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Membiasakan berprilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan pengertian taubat dan raja’

Menampilkan contoh-contoh prilaku taubat dan raja’ 

INDIKATOR

– Menjelaskan pengertian taubat

– Menjelaskan syarat-syarat taubat

– Menjelaskan pengertian raja’

– Menjelaskan kenapa kita harus berharap kepada Allah

– Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat

– Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

         Mendiskusikan pengertian taubat

         Memahami syarat-syarat bertaubat

         Mengetahui pengertian Raja’

         Meningkatkan keimanan kepada Allah

         Menyebutkan contoh-contoh perilaku taubat

         Memahamai contoh-contoh perilaku raja’

II. MATERI AJAR

         Taubat dan Raja

a. Pengertrian Taubat

b. Pengertian raja’

c. contoh prilaku taubat

d. contoh prilaku raja’ 

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Menyesal atas segala perbuatan yang salah dan tidak mengulangi kembali disebut taubat

 

         Mendiskusikan pengertian taubat

     Menjelaskan Syarat-syarat taubat kepada Allah

         Mendiskusikan  pengertian raja’

         Menyebutkan Nama-nama Allah ( Asmaul husna), diantara  yang maha pengampun 

         Mendemonstrasikan contoh prilaku taubat

         Mendemonstrasikan contoh prilaku raja’

         Menyebutkan kembali syarat-syarat taubat dan contohnya

         Menunjukkan prilakau raja

         menyimpulkan taubat dan raja

         Tanya jawab

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

…………………………………..

                   NIP. ………………………………..

 

Guru Mata Pelajaran

 

………………………………..

NIP. …………………………………

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Membiasakan berprilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR

Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari 

INDIKATOR

– Membiasakan perilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari

– membiasakan perilaku raja’ dalam kehidupan sehari-hari

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

         Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bertaubat kepada Allah

         Membiasakan agar berprilakau raja’ dalam kehidupan sehari-hari

II. MATERI AJAR

         Taubat dan Raja

a. Membiasakan taubat dan raja dalam kehidupan sehari-hari

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Menyesal atas segala perbuatan yang salah dan tidak mengulangi kembali disebut taubat

 

         Membiasakan taubat dalam kehidupan sehari-hari

         Membiasakan raja dalam kehidupan sehari-hari  

 

         Menyebutkan kembali syarat-syarat taubat dan contohnya

         Menunjukkan prilakau raja

         menyimpulkan taubat dan raja

         Tanya jawab

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

……………………………………..

                   NIP. ……………………………..

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………………………

NIP. ………………………………….

 RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami hukum Islam tentang Muamalah

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam islam

Memberikan contoh transaksi dalam islam

INDIKATOR

– Menjelaskan ketentuan hukum jual beli

– Mengemukakan dalil tentang jual beli

– Menjelaskan hukum jual beli sesuai syariah

– Menjelaskan macam-macam jual beli

– Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam

– Mempraktekkan transaksi ekonomi dalam islam

– Menyebutkan contoh jual beli yang terlarang menurut islam 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

         Memahami ketentuan hukum jual beli

         Mengetahui dalil mengenai jual beli

         Mengetahui macam-macam jual beli

         Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam islam

         Memahami contoh jual beli terlarang

II. MATERI AJAR

Transaksi Ekonomi dalam Islam

 a. asa-asas transaksi ekonomi dalam islam

 b. contoh-contoh transaksi ekonomi dalam islam

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Dinamakan jual beli apa yang barangya tidak diketahui saat ijab kabul

 

         Menjelaskan ketentuan hukum jual beli

         Menyebutkan  dalil-dalil  yang berkaitan dengan jual beli  

         Mendiskusikan hukum-hukum jual beli sesuai syariah serta macam-macam jual beli

         Mendemonstrasikan transaklsi dalam islam serta memberikan contohnya

         Mendiskusiakan contoh jual beli yang terlarang

 

         Menyimpulkan tentang hokum, macam-macam, jual beli terlarang

         Tanya jawab

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

………………………………….

                   NIP. ……………………………

 

Guru Mata Pelajaran

 

………………………………..

NIP. ……………………………….

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami hukum Islam tentang Muamalah

KOMPETENSI DASAR

Menerapkan transaksi ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR

– Memberikan contoh transaksi ekonomi islam dalam jual beli

– Memberikan contoh transaksi ekonomi islam dalam simpan pinjam

– Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam sewa menyewa

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

         Memhami contoh transaksi ekonomi islam dalam jual beli

         Memahami  contoh transaksi ekonomi islam dalam simpan pinjam

         Memahami contoh transaksi ekonomi dalam sewa menyewa

II. MATERI AJAR

Transaksi Ekonomi dalam Islam

 a. Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Mira meminjam uang dari Bank Syariah untuk modal usaha

 

         Menjelaskan dan mendemonstrasikan contoh transaksi ekonomi islam dalam jual beli

         Menjelaskan dan mendemonstrasikan contoh transaksi ekonomi islam dalam simpan pinjam

         Menjelaskan dan mendemonstrasikan Menjelaskan dan mendemonstrasikan

 

 

         Menyimpulkan dan Menunjukkan contoh transaksi jual beli, simpan pinjam, sewa menyewa

         Tanya jawab

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

…………………………………………

                   NIP…………………………………

 

Guru Mata Pelajaran

 

………………………………

  RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester            : XI/1

Pertemuan                    :

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

STANDAR  KOMPETENSI

Memahami perkembangan islam pada abad pertengahan ( 1250-1800)

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan

Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan islam pada abad pertengahan

INDIKATOR

– Menjelaskan perkembangan Islam di bidang Ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan

– Menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan islam abad pertengahan

– Menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan ilsma pada abad pertengahan

– Menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan islam pada abad pertengahan

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

      Siswa dapat :

     Mengetahui perkembangan Islam di bidang Ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad   pertengahan

         Memahami manfaat dari sejarah perkembangan islam abad pertengahan

         Menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan ilmu pada abad pertengahan

         Memahami  manfaat dari contoh peristiwa perkembangan islam pada abad pertengahan

II. MATERI AJAR

Perkembangan Islam pada abad pertengahan

Contoh peristiwa Perkembangan Islam pada abad pertengahan

III. METODE  PEMBELAJARAN

      Diskusi, ceramah, penugasan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ahir

         Berdoa

         Menjelaskan tujuan pembelajaran

Apresiasi : Manfaat dari sejarah perkembangan islam abad pertengahan

 

     Menjelaskan perkembangan Islam di bidang Ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad   pertengahan

     Mendiskusikan  manfaat dari sejarah perkembangan islam abad      pertengahan

         menyebutkan beberapa contoh perkembangn ilmu pengetahuan pada abad pertengahan

         menjelaskan manfat dari perkembangan islam pada abad pertengahan

 

         Menyimpulkan manfaat, perkembangan ilmu pengetahuan perkembangan islam pada abad pertengahan 

         Tanya jawab

V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

      Al-Qur’an terjemah, Buku PAI kelas XI dan buku pegangan lainya yang relevan.

 

 

VI. PENILAIAN

      Bentuk tagihan        : Tugas Individu, ulangan harian

      Bentuk Instrumen    :  Tes tulis, Tes lisan

Mengetahui

Kepala SMAN 4 Cilegon

 

 

…………………………………………..

                   NIP. …………………………….

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

…………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu Tanggapan to “RPP Agama”

  1. Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah ayat 117 dmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: