RPP TIK kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

           

A.      Standar Kompetensi

Melakukan operasi dasar komputer

B.      Kompeteni Dasar

Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

C.      Indikator

·         Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar

·         Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku

·         Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku

D.      Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit

·         Menyalakan dan mematikan computer dengan cara yang benar

·         Fungsi dari jenis aplikasi yang ada pada Operating System

E.      Pengalaman Belajar

·         Siswa dapat mengetahui jenis – jenis port yang ada pada PC

·         Siswa dapat menghubungkan decive yang ada

F.      Alat dan Bahan Praktik (Media Pembelajaran)

Alat dan Bahan Praktik :

·         seperangkat komputer

G.     Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 3

Tahap 1 :  mendiskusikan cara jalannya perakitan PC

Tahap 2 :  mendiskusikan cara jalan yang benar saat menyalakan dan mematikan PC

Tahap 3 : mempraktekkan perakitan, jalankan, dan penggunaan computer

H.      Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1.       Penilaian Individual

1.1.    Siswa dapat mengerti perakitan, jalankan, funsi aplikasi yang ada pada Operating System

2.       Penilaian Kelompok

2.1.    Pembuatan makalah  dan prensestasi

3.       Tagihan Instrumen

4.1     Praktik merakit computer dan menjalankan Operating System

                                                                            Cilegon,………,………..2008

Mengetahui ,                                                            Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                            A. Hasyim

NIP. 150 282 733                                                                               

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

           

A.   Standar Kompetensi

Melakukan operasi dasar komputer

B.   Kompeteni Dasar

      Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya

C.   Indikator

·         Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya

·         Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system

·         Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system

D.   Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Mengetahui pengelompokkan aplikasi yang ada

·         Fungsi dari jenis aplikasi yang ada pada Operating System

E. Pengalaman Belajar

·         Siswa dapat menggunakan aplikasi tersebut

F. Alat dan Bahan Praktik (Media Pembelajaran)

Alat dan Bahan Praktik :

·         Aplikasi yang ada pada computer

G. Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan cara menjalankan aplikasi yang dibuka

Tahap 2 :  mendiskusikan cara menggunakan aplikasi tersebut

H. Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1.   Penilaian Individual

                         Setiap Siswa dapat mengerti aplikasi

2.   Penilaian Kelompok

                          Pembuatan makalah  dan prensestasi

3.   Tagihan Instrumen

Praktik menjalankan aplikasi

                                                                                                                                   

                                                                                     Cilegon,.,…….2008

Mengetahui ,                                                            Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                          A. Hasyim

NIP. 150 282 733

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

           

A.   Standar Kompetensi

Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi

B.  Kompeteni Dasar

Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

C.   Indikator

·         Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi

·         Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi

·         Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya

·         Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya

D.  Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Dasar manajemen system informasi

E.  Pengalaman Belajar

·         Pemanfaatan teknologi informasi

F.   Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan perbedaan system lama dengan system baru

Tahap 2 :  mendiskusikan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari – hari

G.   Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1.  Penilaian Individual

                                                               i.Uraian

2.  Tagihan Instrumen

·         Penugasan Individu

                                                                                   Cilegon,…,…..2008

Mengetahui ,                                                          Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 Carman, S.Pd                                                           A. Hasyim

NIP. 150 282 733

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

A. Standar Kompetensi

Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi

B. Kompeteni Dasar

Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

C.  Indikator

·         Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel

·         Menjelaskan cara kerja modem  pada jaringan telekomunikasi

·         Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

D.  Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Dasar Telnet

E.  Pengalaman Belajar

·         Pemanfaatan Jaringan

F.  Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan pemanfaatan system yang menggunakan jaringan

Tahap 2 :  mendiskusikan system yang menggunakan jaringan dapat dijadikan alat untuk membuat suatu informasi

G.  Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1. Penilaian Individual

                        Uraian

2. Tagihan Instrumen

                        Penugasan Individu

                                                                                                                                                        Cilegon,…,…..2008

Mengetahui ,                                                                      Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 Carman, S.Pd                                                                   A. Hasyim

NIP. 150 282 733

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

A. Standar Kompetensi

Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi

B. Kompeteni Dasar

Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi   informasi dan komunikasi

C. Indikator

·         Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya

·         Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya

·         Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi

D. Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Pemanfaatan dan fungsi perangkat lunak

C. Pengalaman Belajar

·         Optimasi penggunaan perangkat lunak

E. Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan perangkat lunak yang akan dipakai

Tahap 2 :  mempraktikkan perangkat lunak yang dipakai

F. Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1. Penilaian Individual

                        Uraian

2. Tagihan Instrumen

                        Penugasan pemakaian perangkat lunak secara Individu

 

                                                                                                 Cilegon,…,……. 2008

Mengetahui ,                                                                       Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                                   A. Hasyim

NIP. 150 282 733

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   5    x 45 menit

A.   Standar Kompetensi

Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

B.   Kompeteni Dasar

Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi

C.   Indikator

·         Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta

·         Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta

·         Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta

·         Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi

D.  Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Etika computer 1

E.   Pengalaman Belajar

·         HAKI

F.   Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 3

Tahap 1 :  mendiskusikan aturan perundangan

Tahap 2 :  mendiskusikan keaslian perangkat lunak yang dipakai

G.  Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1. Penilaian Individual

                        Uraian

2.   Tagihan Instrumen

                         Penugasan pemakaian perangkat lunak secara Individu

 

                                                                                        Cilegon,……….. 2008

Mengetahui ,                                                             Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                             A. Hasyim

NIP. 150 282 733

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   5    x 45 menit

           

A.  Standar Kompetensi

Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

B.   Kompeteni Dasar

Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

C.  Indikator

·         Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

·         Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar

·         Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

D.  Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Interaksi manusia dan komputer

E.  Pengalaman Belajar

·         Kesehatan dan keselamatan kerja

F.  Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Tahap 2 :  mendiskusikan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam dunia Informasi

G. Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1.  Penilaian Individual

                         Uraian

2.   Tagihan Instrumen

                         Penugasan pemakaian perangkat lunak secara Individu

 

                                                                                       Cilegon,…,………… 2008

Mengetahui ,                                                                Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                           A. Hasyim

NIP. 150 282 733


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   5    x 45 menit

           

A.      Standar Kompetensi

Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

B.    Kompeteni Dasar

Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

C.    Indikator

·         Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual

·         Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak

D.    Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Etika computer 2

E.    Pengalaman Belajar

·         HAKI

F. Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan lanjut aturan perundangan

Tahap 2 :  mendiskusikan hak pada kontekstual pemakaian perangkat lunak

G.    Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1.       Penilaian Individual

             Uraian

2.       Tagihan Instrumen

       Tugas makalah

 

                                                                                           Cilegon,…,………… 2008

Mengetahui ,                                                                 Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                                 A. Hasyim

NIP. 150 282 733

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

           

       A.  Standar Kompetensi

Menggunakan Operating System (OS)

B.    Kompeteni Dasar

Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer

C.  Indikator

·         Menjelaskan fungsi BIOS

·         Menjelaskan fungsi Sistem Operasi

·         Membedakan Sistem Operasi dan BIOS

·         Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi

D.   Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Sistem operasi

E.    Pengalaman Belajar

·         Konfigurasi system operasi

F.   Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

Tahap 1 :  mendiskusikan apa itu system operasi

Tahap 2 :  mendiskusikan cara kerja system operasi

G.   Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1. Penilaian Individual

                        Uraian

2. Tagihan Instrumen

                       Praktik seting konfigurasi system operasi

                                                                                        Cilegon,..,………… 2008

Mengetahui ,                                                              Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 

 Carman, S.Pd                                                             A. Hasyim

NIP. 150 282 733

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 10/1

Waktu                           :   4    x 45 menit

           

A.  Standar Kompetensi

Menggunakan Operating System (OS)

B.  Kompeteni Dasar

      Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer

C.  Indikator

·         Menjelaskan pengertian peripheral

·         Mendemonstrasikan penginstallan driver peripheral pada sistem operasi

·         Mendemonstrasikan setting peripheral (misal: printer, scanner, flash disk, dsb.)

D.   Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Sistem operasi

F.   Pengalaman Belajar

·         Seting Konfigurasi system operasi

G.   Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 2

·         mendiskusikan apa yang mendukung dalam system operasi

H.   Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

1. Penilaian Individual

                        Uraian

2. Tagihan Instrumen

                        Praktik seting konfigurasi system operasi

                                                                                        Cilegon,………,………… 2008

Mengetahui ,                                                              Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   

 Carman, S.Pd                                                               A. Hasyim

NIP. 150 282 733

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           : 11/1

Waktu                           :   8    x 45 menit

           

A.  Standar Kompetensi

Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

B.  Kompeteni Dasar

      Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet

C.  Indikator

·         Menjelaskan gambar perangkat keras yang digunakan untuk akses internet

·         Menjelaskan fungsi ethernet card

·         Menjelaskan perbedaan modem dan router

D.  Materi Pokok dan Uraian Materi

·         Perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet

E.  Pengalaman Belajar

·         Mengerti device pada penggunaan internet

F.   Strategi Pembelajaran

      Pertemuan ke      :    1  – 3

·   Mengidentifikasi jenis perangkat keras untuk keperluan akses internet

·   Mengidentifikasi informasi tentang fungsi modem dan router

·   Mengidentifikasi fungsi modem dan router

G.  Penilaian

Hal – hal yang dinilai diantaranya:

3.       Penilaian Individual

                                                               i.Uraian

4.       Tagihan Instrumen

·         Praktik seting konfigurasi system operasi

 

                                                                                           Cilegon,………,………… 2008

Mengetahui ,                                                                   Guru  Mata Pelajaran

Kepala Madrasah                                                                                   


 Carman, S.Pd                                                                A. Hasyim

NIP. 150 282 733

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: